H.A.Muh. Anis Asra (HAMAS) Berpeluang Kendarai Partai Golkar

Sinjai News.H.A.M. Anis Asra (Hamas), salah satu kandidat calon bupati di  Sinjai menyatakan optimismenya mengendarai Partai Golkar pada Pilkada yang akan digelar, April 2013 mendatang. “Saya optimis bisa mengendarai Partai Golkar. Optimisme kami didukung antusiasme masyarakat terhadap keinginan kami maju pada Pilkada Sinjai mendatang. Kami siap bersaing mengendarai Golkar,” kata Anis Asra, Selasa (11/9).  Secara terpisah, Ketua Tim Keluarga Hamas, Andi Syamsul Arief mengatakan, dengan mekanisme survei yang menjadi patokan Partai Golkar untuk menentukan calon usungannya pada setiap perhelatan pemilihan kepala daerah, menjadi salah satu faktor utama yang membuat pihaknya optimistis bisa mengendarai partai berlambang pohon beringin tersebut.
“Hasil survei di internal kami menunjukkan Hamas memiliki survei dengan tren mengalami peningkatan, selisihnya tidak jauh dari mantan kandidat calon bupati lalu,” ungkapnya. Syamsul Arief juga menyatakan Anis Asra siap bersaing dengan kader Partai Golkar lainnya seperti Andi Massalinri Latief, Andi Mahyanto Mazda, dan Andi Kartini.
Nama-nama kader Partai Golkar yang disebut di atas menurut Syamsul Arief hasil survei yang dilakukan menunjukkan tingkat keterpilihannya atau elektabilitas masih lebih rendah dibandingkan dengan Anis Asra. Selain Golkar, Andi Asra juga disebut-sebut berpeluang mengendarai sejumlah partai pemilik kursi di parlemen, seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebaangkitan Bangsa (PKB).
Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir saat dihubungi Upeks secara terpisah mengatakan, posisi Anis Asra yang tidak terikat pada satu partai tertentu menjadikannya lebih mudah untuk mengendarai sebuah partai politik pada Pilkada Sinjai 2013 mendatang.
“Dengan survei yang tinggi dan posisinya yang tidak terikat pada salah satu partai politik membuat visinya tidak akan menguntungkan partai tertentu sehingga lebih mudah diterima,” ujarnya.
Di temapatterpisah tim konsultan Suwadi Amir mengatakan, hasil survei yang dilakukan hingga posisi Agustus 2012 menggambarkan peluang Anis Asra menang Pilkada Sinjai mendatang sangat besar. Menurutnya, kalau ritme gerakan Anis Asra terus ditingkatkan, maka dalam dua bulan ke depan diprediksikan elektabilitasnya akan berada pada urutan pertama.