Pentingnya Pemetaan Politik Bagi Kandidat


Oleh: Bayhu Amatory Direktur Promosi & Dokumentasi Publik PT. Latompi Indonesia (Latin Institute) dan Direktur Media & Publikasi Indeks Politica Indonesia (IPI)
Pilkada sekarang ini adalah suatu pertempuran politik yang modern yang harus dimenangkan dengan metode modern juga dengan strategi dan senjata modern. Pilkada sekarang ini tidak bisa lagi dimenangkan dengan cara-cara tradisional, baik berdasarkan perasaan  atau sekadar hasrat pribadi.
Kemenangan dalam suatu Pilkada ditentukan oleh masyarakat melalui suatu mekanisme one person one vote, sehingga diperlukan teknik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan maupun selera masyarakat agar dapat terpilih.
sebab Kebutuhan dan selera masyarakat sebagai penentu kemenangan dalam Pilkada tidak bisa diketahui hanya dengan perkiraan serta asumsi secara pribadi, berita, apalagi dengan hasrat pribadi saja.  Infomasi tersebut bisa didapatkan dengan sangat rinci melalui suatu survei politik.
Survei politik tidak hanya berfungsi sebagai pemetaan kekuatan politik dan pengumpulan informasi tentang selera publik saja, tetapi juga mempunyai peran yang sangat vital dalam menentukan apakah seorang kandidat layak maju atau tidak dalam Pilkada tersebut.
Berbekal dari hasil sebuah survei, kandidat yang memutuskan maju dalam Pilkada dapat membuat rencana pemenangan dengan sangat baik yang tersusun rapi, sehingga pemenangan Pilkada dapat dilakukan dengan pengerahan sumber daya yang efektif dan efisien serta hemat biaya.