Potensi Ekspor Komoditi Pada PT.Agro ASF


(Oleh: Bayhu Amatory)
(General Manager PT.Agro ASF )
Subang.Jawa Barat

Buah-buahan merupakan komoditi ekspor non migas Indonesia. Permintaan pasar buah-buahan di pasar internasional dari tahun ke tahun yang terus  meningkat kini telah menunjukkan bahwa komoditas buah-buahan dari Indonesia sudah mendapat tempat yang istimewa di pasar internasional, volume ekspor buah-buahan yang mengalami peningkatan dengan pertumbuhan 15,30 persen pertahun, laju pertumbuhan luas panen sebesar 16,92 persen per tahun, dan laju pertumbuhan produksi sebesar 3,64 persen per tahun.
di Indonesia terdapat beberapa perusahaan pengekspor buah-buahan. Salah satu perusahaan eksportir buah-buahan adalah  PT. Agro ASF Subang Jawa-Barat
Perusahaan ini mempunyai kapasitas ekspor 1000-1500 ton pertahun dengan Negara  tujuan ekspor wilayah Timur Tengah dan Asia. dalam upaya memenuhi  permintaan dan perluasan pasar luar negeri akan buah-buahan, PT. Agro ASF bersaing dengan perusahaan-perusahaan eksportir buah-buahan  lainnya. dengan demikian PT. Agro ASF harus mempunyai strategi  pemasaran yang tepat untuk bisa bersaing dan meningkatkan pangsa pasar lokal dan manca Negara.

Adanya penurunan volume ekspor yang terjadi pada beberapa buah buahan di PT.Agro ASF dari tahun 2010-2011 disebabkan beberapa  kendala yang di hadapi PT. Agro ASF, diantaranya dari daya saing  buah Indonesia di pasar internasional. Kendala lain yang dihadapi perusahaan  adalah adanya persaingan dengan perusahaan domestik maupun internasional. memasuki tahun 2012 PT. Agro ASF telah meningkatkan kualitas ekspor, Dengan Penambahan kebun sendiri, Perluasan petani binaan, penambahan Gudang yang dilengkapi dengan cold storage, peningkatan promosi, dan kapasitas pengadaan buah yang lebih memadai.  dengan demikian, perusahaan ini telah mempunyai strategi pemasaran yang tepat dalam menutupi kelemahan yang pernah dimiliki agar perusahaan ini tetap bertahan dalam persaingan pasar kedepan.
bahkan dalam waktu dekat ini yaitu bulan November 2012 PT. Agro ASF akan melakukan Ekport Buah-buhan ke negara Timur Tengah dengan kapasitas ekspor 60 ton perminggu dengan berbagai jenis komoditi andalan PT.agro ASF.

Jadilah bagian eksportir komoditi kami hubungi : 

Ciheluet Indah
Jl. Kinanti Blok B5/71 Subang 41214
Telp/Fax : 0260-7424463
Hp: 0813 1219 4422 / 0877 2696 5720